Cari Disini / Search Here

Google
 

Thursday, March 27, 2008

Langkah Menuju Taqwa

Mengenai derajat taqwa, maka Allah-lah yang paling mengetahuinya. Yang lebih penting adalah bagaimana kita dapat meraih derajat muttaqin di hadapan Allah SWT.
Ada 5 langkah menuju taqwa :

1. Mu’ahadah (mengingat perjanjian).Dasarnya adalh QS An-Nahl (16) : 91.

2. Muroqobah (merasakan kesertaan Allah).Di dalam sholat, tentu (semoga) kita measakan kesertaan Allah. Bukan hanya di dalam sholat, di luar sholat pun hendaknya demikian. Kita merasa diawasi oleh Allah. Selain itu, ada malaikat pencatat yang selalu menyertai dan mencatat amal2 kita dengan sangat jeli. Jika hal ini benar-benar diyakini, maka kuta tidak akan sempat untuk berbuat maksiat kepada-Nya.

3. Muhasabah (menginstropeksi diri). Atsar Umar ra : Hisablah dirimu sebelum kamu dihisab pada hari kiamat. Bisakah kita bertanggung jawab dengan apa saja yang telah kita kerjakan? Bagaimana kita akan menjawab pertanyaan di akhirat kelak??

4. Muroqobah (memberi sanksi jika melakukan kesalahan atau kelalaian). Sebagai contoh dari sahabat, Umar ra kehilangan sholat ashar berajamaah karena sebuah kebun. Beliau ,menganggap al ini merupakan musibah. Oleh keranna itu, beliau menginfakkan kebunnya tersebut sebagai hukuman baginya.

5. Mujahadah (sungguh-sungguh / optimalisasi diri)Dalilnya Surat ke 17 ayat 19. Tanpa kesungguhan, kita tidak dapat mencapai apa yang kita cita-citakan. Cita-cita orang yang beriman adalah akhirat. Bagaimana agar ia bisa hidup bahagia di dunia dan di akhirat. Dunia ini fana, hanya senda gurau dan mpermainan, sedangkan akhirat adalah kehidupan yang sesungguhnya.

Dengan menghayati dan menempuh langkah2 di atas, semoga cita-cita menjadi orang yang bertaqwa (orang yang mulia) di sisi Allah dapat terwujud.

Amiin.

0 komentar: